4.15.2009

SMPN 2 Palu Raih Setifikat ISO 2001:2008

PALU--MI: SMP Negeri 2 Palu di Sulawesi Tengah (Sulteng) meraih sertifikat ISO 2001:2008 dibidang mutu pendidikan.

Sertifikat ISO itu diserahkan perwakilan PT URS Services Indonesia Prahatiza Wiena kepada Wali Kota Palu Rusdi Mastura di SMPN 2 Palu, Sabtu (21/3).

Wali Kota Palu, Rusdi Mastura menyambut gembira atas keberhasilan SMPN 2 Palu telah meraih ISO 2001:2008.

"Saya selaku pribadi dan atas nama pemerintah dan masyarakat Palu mengucapkan terima kasih kepada SMPN 2 Palu atas keberhasilan tersebut," katanya.

Apalagi, SMPN 2 Palu yang telah menyandang status rintisan sekolah bertaraf internasional sejak dua tahun terakhir ini, merupakan satu-satunya sekolah menengah pertama di Sulteng yang memperoleh sertifikat ISO.

"Saya bangga dan terus mendorong sekolah lain untuk meningkatkan kualitas dan prestasi pendidikan," pinta dia.

Pemerintah, termasuk Pemprov Sulteng dan juga Pemkot Palu akan mendukung dan memberikan perhatian terhadap peningkatan mutu pembelajaran.

Khusus kepada SMPN 2 Palu, wakilikota Mastura meminta terus melalukan inovasi dan kreativtas dalam mempertahankan predikat sebagai sekolah RSBI dan SSN (Sekolah Standar Nasional) dan sekaligus penerima ISO pertama di Sulteng.

Sementara Prahatiza Wiena mengatakan, SMPN 2 Palu merupakan sekolah menengah pertama di wilayah Sulawesi yang berhasil menadapat sertifikat ISO.

Sertifikat ISO sebelumnya juga diterima beberapa sekolah lanjutan atas (SLTA/SMK) di Gorontalo dan Manado.

"Tapi untuk tingkat SMP, baru SMPN 2 Palu (Sulteng) yang mendapat sertifikat ISO," kata dia.

Kepala SMPN 2 Palu, Cipto Lahanto, sesuai hasil penelitian dari tim konsultan dan auditor PT URS Service ISO 2001-2008 yang berpusat di Inggris, sekolah unggulan di Sulteng itu layak untuk mendapatkan sertifikat ISO 2001-2008.

Tim konsultan dan auditor dari PT URS Service ISO yang melakukan penelitian beberapa bulan lalu terdiri atas Yohanes Supandi selaku konsultan dan Rudy Wijaya (auditor). Dua hal yang dinilai meliputipelayanan administrasi, dan segi pendidikan.

Untuk bidang administrasi di bagian TU, unit kerja seperti kurikulum, humas, kesiswaan, sarana dan prasana penunjang, regulasi kultur budaya sekolah, kelengkapan program yang berkaitan dengan administrasi sekaligus pelaksanaan dan evaluasi kinerja dari tiap unit kerja.

Menurut Cipto, keberhasilan ini tentunya bukan semata-mata usaha dari Kepsek, tetapi merupakan prestasi bersama. "Di sini tidak ada usaha perorangan, tetapi usaha bersama," katanya.

Karena itu, ia menyampaikan penghargaan serta ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang terlibat, dan telah bekerja keras sehingga membuahkan hasil yang membanggakan.

"Saya tahu bahwa prestasi ini merupakan hasil kerja keras kita semua dalam mendukung program pembelajaran dan juga tak terlepas dari tertib administrasi dan keuangan," kata Cipto.

Sekolah yang telah mendapat sertifikat ISO harus tetap menjaga dan meningkatkan serta mempertahankan mutu dan kualitas pembelajaran serta kelulusan siswa. Untuk yang sifatnya mijer khusus SMPN 2 Palu tidak ditemukan.

Selaku wakil dari PT URS Service Indonesia ISO 2001-2008 secara resmi hari Rabu (4/2) merekomendasikan SMPN Negeri 2 Palu mendapat sertifikat ISO 2001-2008.

Namun ia mengingatkan posisi WMM staf dan pos-pos yang sudah dibuat sekarang terus diimplementasikan. Artinya bukan setelah audit dianggap sudah selesai. Ini masih awal karena tahun depan dan seterusnya akan ada evaluasi kembali.(Ant/OL-02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar